Pangsa pasar mobil kota cukup laris bagi konsumen wanita dan pemula pengguna kendaraan roda
empat . City car merupakan satu dari sekian model yang memiliki jumlah peminat tinggi setelah low MPV dan mobil murah ramah lingkungan LCGC. Meskipun demikian, pasar mobil kota yang di antaranya tertuju pada konsumen pemula ini hanya sampai belasan merek saja.
Untuk penjualan terlaris city car ada di merek Honda dengan mobil Brio edisi rakitan lokal yang dalam tiga bulan tahun 2015 mampu terjual sampai 2.796 unit. Di luar itu, Brio juga diturunkan di pasar LCGC yang diproduksi di dalam negeri dan masuk 10 mobil penumpang terlaris dalam tiga bulan ini.
Sedangkan yang menempati posisi kedua dalam penjualan city car terbanyak ditempati olehToyota Etios yang berhasil menjual produknya sampai dengan 2.392 unit. Toyota Etios sendiri memang menawarkan varian lebih banyak dibanding dua merek di bawahnya. .Setelah itu disusul Mitsubishi Mirage menempati posisi yang ketiga yang berhasil terjual samapi 1.933 unit, dan Nissan March 1.2 yang menempati posi keempat dengan berhasil menjual 1.866 unit.Toyota Etios punya empat varian, sedangkan Mirage dan March masing-masing tiga varian
Untuk posisi kelima diduduki oleh Daihatsu All New Sirion yang berhasil menjual produknya sbanyak 930 unit. Daihatsu sendiri memang hanya menawarkan dua tipe All New Sirion bermesin 1.300 cc, yakni untuk transmisi matik dan manual.
Selain mobil - mobil tersebut di atas sebenarnya ada nama-nama populer seperti Suzuki New Splash 1.2, Kia Picanto dengan pilihan Morning 1.000 cc, lalu Hyundai i10 GL dengan pilihan mesin 1.100 cc. Masing-masing disebutkan sesuai urutannya hanya mampu dengan penjualan ratusan unit saja.
Gaikindo juga mencatat adanya penjualan pada Geely LC GS 1.3 MT, Smart Fortwo 1.0 AT, dan Proton Neo 1.2 AT yang hanya mampu menjual dengan angka penjualan satu-dua digit saja
No comments:
Post a Comment