Tuesday 26 January 2016

Ford akhirnya memilih untuk keluar dari pasar otomotif Tanah Air




Sungguh sangat disayangkan ternyata Ford memilih untuk keluar dari pasar otomotif Tanah Air,Tak hanya di Indonesia saja, sebenarnya Ford juga menghentikan semua kegiatannya di Jepang per tahun ini karena mereka menganggap  bahwa pasar Ford di Indonesia dan Jepang  tak memiliki profitabilitas.



Ford sendiri memang tak mencatatkan prestasi gemilang sepanjang tahun 2015 yang lalu. Sepanjang tahun lalu, mengutip dari data Gaikindo, Ford Motor Indonesia (FMI) membukukan wholesale sebanyak 4.986 unit. Di Indonesia, pabrikan asal Amerika Serikat itu memasarkan model Focus, EcoSport, Fiesta, Everest, dan juga Ranger. Di Indonesia, Ford hanya menguasai 0,6 persen market share saja.
Tiga kendaraan terlaris Ford sepanjang tahun 2015 adalah Ford Focus Trend 1,6L yang terjual sebanyak 4.954 unit, Ford EcoSport yang terjual 2.713 unit, serta Ford Ranger yang membukukan penjualan sebanyak 1.315 unit.
“Ford juga sudah memberikan laporan terkait keputusannya ini ke ketua Gaikindo,” kata Johnny.
Meski menawarkan beragam produk yang menarik, persaingan pada segmen yang dituju Ford memang sangatlah ketat. Misalnya di segmen  Big SUV dimana Ford Everest harus bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sedangkan low SUV (Sport Utility Vehicle) dimana Ford menjagokan EcoSport, di sana pula juga ada Toyota Rush, Mazda CX-3 dan sebentar lagi bakal kehadiran Honda BR-V. Meski mencatatkan penjualan yang cukup baik, namun EcoSport tak bisa menyelamatkan Ford. Daripada mati perlahan, Ford pun akhirnya memilih untuk keluar dari Indonesia.

No comments:

Post a Comment