Monday 6 April 2015

Helm Iron Man siap di produksi massal untuk biker



Tejiautoblog.blogspot.com.Perusahaan teknologi Rusia, LiveMap, telah membuat inovasi canggih dalam membantu para biker saat berkendara. Produk canggih ini adalah sebuah helm yang dilengkapi dengan microchip berbasis Android yang digabungkan dengan teknologi navigasi . Helm yang yang diproduksi mampu menampilkan display ala Google Map lengkap dengan panduan arah maupun jalan.






Andrew Artschev yang merupakan CEO LiveMap,   menjelaskan bahwa inovasi teknologi ini terinspirasi oleh permasalahan yang sering dijumpai  para biker, yaitu sulit melihat perangkat GPS untuk mengetahui arah saat melaju di atas sepeda motor. Berbeda dengan pengendara mobil yang bisa dengan mudah melihat layar GPS saat berkendara, maka biker akan kesulitan saat mengalihkan pandangan ke piranti GPS, selain itu tentunya sangat berbahaya. Dari permasalahan  inilah, LiveMap membuat terobosan dengan menciptakan helm yang mampu menyajikan gambar bergerak dan bisa mengeluarkan suara pada panel kaca yang menutupi bagian depan helm.

Inovasi helm berteknologi GPS ini mengadaptasi teknologi yang digunakan oleh pilot pesawat tempur. konsep helm pesawat tempur yang digunakan di dunia penerbangan-lah yang menginspirasi LiveMap dalam membuat helm serupa agar bisa digunakan juga bagi pengendara sepeda motor. Helm ini bisa mengetahui informasi navigasi, kapan harus berbelok, kapan harus mengurangi kecepatan dan sebagainya.

Racikan helm LiveMap ini tembus pandang, sehingga display navigasinya tidak akan mengganggu pandangan pengendara. Selain itu, karena menggunakan perangkat ringan, berat helm ini hanya mencapai sekitar 1,4 kg. Pembuatan helm ini pun juga menggunakan teknologi tinggi, yaitu menggunakan printer 3D.
Versi produksi massalnya sendiri, pihak dari LiveMap berencana  memperkenalkan  di Amerika Serikat pada  Mei 2015, kemudian akan resmi dijual ke publik pada Agustus 2015 dengan harga sekitar USD 2.000 atau Rp. 25 juta. 

No comments:

Post a Comment