Friday 24 April 2015

Honda CBR1000RR SP diRecall akibat kesalahan perakitan suspensi Ohlins





Kini giliran Honda Recall Produknya karena  Kesalahan perakitan suspensi Ohlins. sebelumnya, Yamaha harus menarik produknya yaitu Yamaha R1M. Penyebabnya karena komponen pendukung pada sistem suspensinya. Jadi recall itu, memang bukan dikarenakan kesalahan produksi dari Yamaha Global. Melainkan karena  motor  sport tersebut menggunakan suspensi aftermarket besutan Ohlins, yaitu TTX36 Series. Komponen tersebut diketahui bisa membuat pengendalian suspensi tidak bekerja sempurna dan menimbulkan resiko kecelakaan. Hal itu dikarenakan pemasangan yang tidak benar. 
                                           
Akibat kesalahan perakitan suspensi Ohlins, akhirnya Honda  harus melakukan perbaikan terkait masalah yang pada suspensi Ohlins  pada model CBR1000RR SP, dan harus menarik  kembali untuk dilakukan perbaikan. Penarikan produk itu, memang bukan dikarenakan kesalahan dari pihak Honda, seperti juga yang terjadi pada Yamaha.
Pihak Ohlins menyatakan bahwa beberapa model suspensi yang dibuat, khususnya suspensi belakang tidak dirakit secara benar. Dimana prosedur yang dilakukan malah mengencangkan baut terlebih dahulu sebelum piston menempel sempurna dengan komponen lain. Ini membuat baut akan mudah kendor, yang menyebabkan pengendalian pada suspensi tidak bekerja maksimal, sehingga berpotensi menimbulkan celaka.
Di Jepang disebut secara spesifik model CBR1000RR SP yang merupakan hasil  produksi 30 Januari 2014 hingga 16 Maret 2015 secara resmi model ini direcall oleh Honda. Selain YZF-R1M yang beredar di Kanada dan Australia, dipastikan akan ada banyak lagi model yang terdampak, akibat kesalahan perakitan oleh Ohlins pada tipe TTX GP, TTX RT, dan TTX36 MKII. Berbagai model motor lain juga menggunakan komponen suspensi yang sama. Namun  model-model lain itu belum mengumumkan adanya masalah suspensi. Mereka diantaranya adalah Ducati 1199 Panigale R, Ducati 1299 Panigale S, Aprilia RSV4 RF, Aprilia Tuono V4 1100 Factory, dan MV Agusta F4 R, RR, serta RC

No comments:

Post a Comment