Thursday 23 April 2015

Toyota Puncaki Tahta Penjualan 2015




Toyota berhasil memuncaki posisi tertinggi dalam deretan pabrikan dengan penjualan mobil terbanyak Meskipun pihak Toyota sendiri mengalami penurunan market share di dunia otomotif jika dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun  penjualan mobil Toyota hanya berbeda tipis dengan produsen lain, seperti General Motors dan Volkswagen, Toyota tetap kokoh  pada posisi teratas sebagai pabrikan dengan omset  penjualan terbanyak pada awal 2015.


Berdasarkan  informasi yang didapat dari siaran pers Toyota pada Kamis (23/4/2015), pada triwulan pertama tahun 2015, Toyota berhasil meraih penjualan hingga 2,5 juta unit. Angka 2,5 juta unit ini sebenarnya turun sebanyak 2,5 persen jika dibandingkan dengan total penjualan Toyota pada periode yang sama tahun sebelumnya.Penurunan penjualan yang diraih Toyota  disebabkan oleh merosotnya penjualan Toyota di pasar domestik yaitu Jepang. Tak tanggung-tanggung, penurunan yang dialami Toyota ini hingga mencapai 14,1 persen.Penurunan penjualan yang dialami Toyota kali ini juga menimpa produk lain yang masih berada dalam Toyota Group, yaitu Daihatsu dan Hino. Produk kedua pabrikan yang bernaung di bawah bendera Toyota Group itu diluar dugaan ternyata juga mengalami penurunan yang lumayan tajam.Bila Toyota sedikit mengalami penurunan, maka tidak demikian  yang terjadi pada para pesaingnya.Salah satu pesaing Toyota, Volkswagen, justru memperoleh peningkatan penjualan pada triwulan pertama 2015 ini. Pabrikan asal Jerman itu mampu mencatatkan kenaikan penjualan hingga 2,4 persen. Peningkatan penjualan yang diraih VW ini seperti angin segar karena berhasil diraih pada saat Toyota sedang mengalami penurunan.
Pesaing lain Toyota yang lain asal Negeri Paman Sam, General Motors, juga mengalami peningkatan penjualan meski hanya sedikit. Pada awal 2015 ini, General Motors berhasil mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 2 persen lebih banyak jika dibandingkan penjualan tahun 2014..
Sementara untuk pabrikan dari Jerman, VW diuntungkan karena kebanyakan produknya laris di pasar Eropa dan Amerika Selatan, maka GM berhasil mengambil momentum kala mereka sukses menggebrak pasar Tiongkok dan sebagian Eropa, serta  Amerika.
NamunToyota, kembali mengukuhkan dominasinya di dunia otomotif. Pabrikan yang berbasis di Aichi, Jepang, tersebut lagi-lagi mempertahankan posisi puncak di dalam daftar perusahaan otomotif dengan penjualan paling laris di dunia.

No comments:

Post a Comment